Harga Tiket Masuk Wisata Dieng Wonosobo 2018

Harga Tiket Masuk Wisata Dieng

Kawasan Wisata Dieng memang menawarkan banyak obyek wisata alam yang sangat menarik. Adapun harga tiket masuk wisata Dieng yaitu Rp. 10.000 per orang. Tiket masuk ke Lembah Dieng tersebut termasuk  Gardu Pandang Dieng dan  Mata Air Bimo Lukar.

Sedangkan beberapa obyek wisata lainnya perlu membayar tiket masuk lagi. Misalnya Candi Arjunya dengan harga Rp. 7.500, Kawah Sikidang Rp. 7.500, Dieng Theater Rp. 4.000, Batu Pandang Rp. 10.000, Telaga Warna Rp. 8.500, Bukit Sikunir Rp. 10.000.

Tiket masuk wisata lainnya diluar harga tiket masuk wisata dieng yaitu Gunung Rp. 10.000, Waterpark Rp. 30.000, Bukit Scotter Rp. 5.000, Kawah Sileri Rp. 5.000, dan Sumur Jalatunda Rp. 5.000. Di Dieng juga kadang diadakan festival seperti Dieng Festival 2017. Tiket untuk festival seperti itu biasanya cukup mahal namun tergantung dari jenis acaranya.

Jalan Menuju Wisata Dieng

Wisata Dieng merupakan salah satu destinasi populer yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya sendiri berada pada ketinggian 2.100 m di atas permukaan laut dengan pegunungan yang ada di seklilingnya. Suhunya sekitar 15-10 derajat Celcius, sedang musim kemarau bisa mencapai 5 derajat celcius.

Transportasi darat bisa menggunakan alat transportasi umum seperti kereta, bus, atau menggunakan mobil pribadi maupun sewaan. Jika menggunakan kereta api maka bisa turun di Stasiun Purwkerto. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan taksi ke terminal Purwokerto.

Dari terminal Purwokerto maka selanjutnya naik bus jurusan Wonosobo. Setelah di Wonosobo bisa naik minibus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur. Wisatawan selanjutnya bisa turun di pertigaan Dieng Plateu, tepatnya di depan Hotel Bu Jono.

Peta Lokasi Wisata Dieng Wonosobo

Tempat Wisata Dieng Wonosobo

Dieng memiliki berbagai obyek wisata yang bisa dikunjungi. Berikut ini beberapa obyek wisata di Dieng:

1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Si Kunir Dieng ramai pengunjung karena bisa melihat dunia di atas awan. Para wisatawan juga dapat melihat keindahan matahari terbit dari sini.

2. Telaga Pengilon Dieng

Telaga Pengilon memiliki air yang berwarna jernih. Pemandangannya indah dengan dikelilingi perbukitan hijau.

3. Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng. Telaga ini berada di Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara.

4. Gunung Prau Dieng

Bagi yang suka mendaki maka bisa mencobanya di Gunung Prau Dieng. Puncak Gunug Prau yaitu 2.565 mdpl.

5. Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna merupakan salah satu candi yang ada di Dieng. Ada beberapa candi lain yang ada di sini dan dikenal dengan kompleks percandian Dieng.

6. Plateau Theater

Plateau Theater merupakan tempat dengan konsep bioskop yang menayangkan film dokumenter tentang Dieng.

7. Telaga Warna

Tempat wisata yang mungkin paling terkenal di Dieng yaitu Telaga warna. Telaga ini memiliki keunikan tersendiri karena warna air yang sering berubah-ubah, kadang merah, hijau, biru, putih, dan lembayung.

Harga Penginapan di Dieng

Sebagai kawasan wisata, Dieng memiliki banyak pilihan tempat menginap mulai dari homestay sampai dengan hotel. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, yang termurah bisa Rp. 100 ribu per malamnya.

Homestay yang ada di Dieng cukup banyak misalnya saja Edkaliptus, Fiedan, Yudistira, Kenanga, Tulip, Puspa Indah, dan lain-lain. Homestay Edkaliptus merupakan salah satu yang memilih harga cukup terjangkau mulai dari Rp. 80 ribu per malam (kamar mandi di luar), sampai Rp. 300 ribu per malam (tempat tidur double, kamar mandi dalam).

Jika ingin menginap di hotel maka ada beberapa pilihan hotel yang bisa dipilih. Namun yang lebih dekat memang kebanyakan berupa homestay karena lokasi wisata Dieng yang berada di dataran tinggi atau pegunungan.