Objek Wisata Danau Toba Sumatera Utara Yang Sayang Dilewatkan

Objek Wisata Danau Toba diperkirakan terbentuk saat terjadi ledakan pada 73.000-75.000 tahun yang lalu. Ledakan tersebut diperkirakan letusan supervolcano. Kejadian tersebut menyebabkan kematian massal serta kepunahan pada spesies makhluk hidup.

Para peneliti mengungkapkan bahwa menemukan bukti adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Letusan tersebut menyebabkan penyebaran debu yang sangat luas bahkan sampai hampir ke seluruh dunia.

Saat ini objek wisata Danau Toba menjadi salah satu wisata andalan dari Sumatera Utara. Namun sejarahnya juga perlu diketahui karena cukup penting dalam perkembangan manusia dan makhluk hidup pada zaman dulu.

Rute Menuju Objek Wisata Danau Toba

Danau Toba berada di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jika berasal dari luar Sumatera maka bisa naik penerbangan ke Bandara Kualanamu Medan. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju ke Danau Toba menggunakan kereta, bus, atau taksi.

Melalui transportasi darat maka langsung menuju ke Terminal Bus Pinang Baris Medan. Transportasi umum bus perlu mencari yang jurusan ke Parapat. Jaraknya sekitar 176 km dari Medan dan bisa ditempuh sampai 6 jam perjalanan.

Selain bus, bisa juga menggunakan mobil travel atau menyewa mobil. Bagi yang berpergian secara rombongan maka bisa memilih mobil travel, sedangkan bagi yang pergi sendirian bisa menggunakan transportasi umum.

Setelah di Parapat maka selanjutnya melanjutkan perjalanan ke kawasan Toba. Karena berada di Pulau Samosir maka kita perlu naik kapal ferri yang beroperasi setiap satu jam setengah dari jam 9 sampai jam 5 sore. Tiket ferri sendiri seharga Rp. 10.000.

Peta Lokasi Objek Wisata Danau Toba

Fasilitas Wisata Alam Danau Toba

Berada di kawasan Danau Toba berarti melihat pemandangan yang sangat indah. Ada pemandu wisata yang siap memberikan penjelasan tentang tempat-tempat wisata di Pulau Samosir. Jadi tak hanya menikmati keindahan Danau Toba saja namun juga bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah.

Wisata sejarah yang ada di sana misalnya Museum Batak, rumah Belanda, rumah adat, dan lain-lain. Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km. Sebagai tempat wisata yang sudah cukup populer, Danau Toba tentu memiliki fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Di sekitar Danau Toba terdapat beberapa restoran. Pengunjung dari luar bisa mencicipi makanan khas dari Sumatera Utara sembari menikmati keindahan alam di Danau Toba. Tersedia juga perahu yang bisa disewa untuk dinaiki sehingga bisa menyusuri Danau Toba.

Pada hari-hari tertentu saat ada acara khusus maka biasanya ada pertunjukan seni. Misalnya saja saat ulang tahun Sumatera Utara. Wisatawan bisa menikmati suguhan pertunjukan budaya dari Sumatera Utara.

Penginapan di Danau Toba    

Sebagai salah satu wisata andalan di Sumatera Utara bahkan Indonesia, tentu saja ada banyak penginapan yang ada di sekitar Danau Toba. Ada berbagai jenis penginapan di sini mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Beberapa penginapan yang bisa dipilih misalnya Judita Cottage, Anju Cottage, Saulina Resort, Hotel Silintong, Parapat View Hotel,  Samosir Cottages Resort, Inna Parapat, dan Atsari Hotel Parapat. Judita Cottage merupakan salah satu penginapan yang menawarkan harga murah yaitu sekitar Rp. 200 ribu per malam.

Bagi yang ingin menginap dengan fasilitas yang lengkap dan cukup mewah bisa memilih Atsari Hotel Parapat. Di sini tersedia fasilitas yang modern dengan harga sekitar Rp. 826 ribu per malamnya. Kita perlu memperhatikan masalah dana terlebih dahulu apakah ingin berhemat atau ingin tempat yang sedikit mahal.