Tempat Wisata Di Blitar Dekat Stasiun Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bagi wisatawan yang masih bingung menghabiskan waktu liburan, rasanya Blitar dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata. Di Blitar, banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari tempat wisata di sekitar pusat kota hingga yang jauh dari pusat kota. Salah satunya adalah tempat-tempat wisata di Blitar dekat stasiun.

Stasiun Blitar sendiri terletak di Kecamatan Kepanjen Kidul dengan ketinggian sekitar 167 meter di atas permukaan laut. Awalnya, stasiun ini masuk ke dalam Daerah operasional (Daop) VIII Surabaya. Namun sejak 2016, beralih ke Daerah operasional (Daop) VII Madiun.

Tempat Wisata Dekat Stasiun, Alun-Alun Kota Blitar

Tempat wisata dekat stasiun yang pertama adalah Alun-Alun Kota Blitar di Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul, Blitar. Alun-alun ini termasuk alun-alun yang luas dan besar di wilayah karesidenan Kediri. Warna merah dan hitam menjadi warna khas di gerbang masuk alun-alun Blitar.

Untuk sampai di alun-alun dari stasiun, para wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit dengan berjalan kaki. Banyaknya pohon besar dan rindang serta  banyaknya tanaman di taman alun-alun, memberikan kesejukan bagi wisatawan yang berkunjung. Selain suasananya yang asri dan sejuk, para wisatawan juga dapat menikmati es pleret khas Blitar dan kuliner lainnya.

Di halaman alun-alun, terdapat jogging track yang digunakan untuk berolahraga. Ada juga area bermain anak di sebelah timur alun-alun dan pendopo di sebelah utara alun-alun. Untuk masuk ke area alun-alun, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya.

Istana Gebang

Tempat wisata dekat stasiun selanjutnya adalah Istana Gebang yang berada di Jalan Sultan Agung No. 59, Kampung Gebang, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Salah satu tempat wisata di Blitar dekat stasiun ini adalah tempat tinggal Bung Karno dan orangtuanya yang dibeli dari CH. Portier, pegawai kereta api Blitar berkewarganegaraan Belanda. Wisatawan yang datang ke istana ini tidak akan dikenakan biaya masuk.

Istana Gebang terdiri atas sepuluh bangunan, yaitu rumah utama, bangunan belakang, dua rumah keluarga, satu pavilion, dapur belakang, rumah, rumah pembantu, balai kesenian, lumbung, dan bekas kandang kuda. Barang-barang yang ada di dalamnya masih terawat dan posisinya masih sama seperti zaman dahulu. Di sebelah kiri istana, terdapat Gong Perdamaian Dunia dengan ukuran yang cukup besar.

Tempat wisata di Blitar dekat stasiun, Makam Bung Karno

Saat berkunjung ke Blitar, tidak puas rasanya jika tidak berziarah ke makam Bung Karno di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Blitar. Salah satu tempat wisata dekat stasiun ini adalah kompleks pemakaman dengan arsitektur rumah Joglo yang menjadi tempat peristirahatan terakhir presiden pertama RI dan orangtuanya.  Para wisatawan yang ingin berziarah tidak akan dikenakan biaya apapun.

Waterpark Sumberudel

Tempat wisata dekat stasiun yang manjadi tempat wisata favorit anak-anak adalah Waterpark Sumberudel di Jalan Kalibrantas No. 31, Kepanjen Kidul, Blitar. Waterpark ini adalah waterpark tertua dan terbesar di Blitar. Para wisatawan yang datang ke waterpark ini dapat menikmati beberapa fasilitas, seperti air mancur, gentong raksasa, water sliding, dan river pool.

Waterpark Sumberudel memiliki tiga kolam renang utama, yaitu kolam waterpark yang dilengkapi dengan beberapa permainan anak-anak, kolam standar dengan kedalaman kurang dari 1,5 meter yang cocok untuk belajar berenang dan anak-anak, serta kolam profesional dengan kedalaman mulai dari 1,6 meter yang digunakan untuk pertandingan. Harga tiket masuk waterpark yang mulai beroperasi pukul 6.30-17.00 setiap harinya adalah Rp13.000,00 (hari biasa) dan Rp15.000,00 (akhir pekan dan hari libur).

Itulah beberapa tempat wisata di Blitar dekat stasiun yang sangat sayang jika dilewatkan. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, para wisatawan juga akan mendapatkan hiburan. Selamat berlibur di Blitar, ya!