Tempat Wisata Di Blitar Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Liburan

Salah satu daerah di Jawa Timur yang dapat dijadikan destinasi wisata saat liburan adalah Blitar. Daerah ini memang menjadi tempat kelahiran Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Ternyata, banyak tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Inilah beberapa diantaranya.

Wisata Blitar Candi Penataran

Saat berlibur di Blitar, rasanya kurang puas jika tidak mengunjungi  candi yang konon menjadi tempat Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Candi yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar ini berhawa sejuk karena berada di kaki Gunung Kelud. Kompleks candi Hindu Siwa ini pertama kali ditemukan oleh Gubernur Jenderal Inggris, Sir Thomas Stamford Raffles, pada 1815.

Berdasarkan Prasasti Palah, nama asli Candi Penataran sebenarnya adalah Candi Palah. Candi ini dibangun sekitar 1200 Masehi pada masa pemerintahan Raja Srengga dari Kerajaan Kediri. Dari Kitab Negarakertagama, kita dapat mengetahui bahwa Candi Penataran menjadi candi suci yang dikunjungi oleh Hayam Wuruk saat berkeliling Jawa Timur.

Saat mengunjungi salah satu wisata Blitar ini, para wisatawan dapat melihat relief di dinding candi yang menceritakan kisah Kresnayana dengan tokoh Krisna dan Rukmini serta kisah Ramayana dengan tokoh Rama dan Shinta.

Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat arca Dwarapala di bagian gerbang; bale agung, arca Mahakala, tempat tinggal pendeta, batur pendapa di pelataran depan; Candi Angka Tahun atau Candi Brawijaya atau Candi Ganesha dan Candi Naga di pelataran tengah; Candi Induk dan Prasasti Palah di pelataran dalam. Candi Penataran dibuka untuk umum setiap hari, pukul 7.00-17.00 dengan tiket masuk seharga Rp 3.000,00.

Wisata Blitar Penangkaran Rusa Maliran

Bagi wisatawan yang menyukai hewan, mengunjungi Penangkaran Rusa di kawasan hutan Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar ini, menjadi pilihan yang sangat tepat.

Di wisata Blitar ini, ada sekitar 200 ekor rusa yang dibiarkan hidup bebas. Para wisatawan dapat melihat langsung kehidupan rusa-rusa tersebut dengan membayar tiket masuk seharga Rp 2.000,00 (dewasa) dan Rp 1.000,00 (anak-anak) serta memberi makan seharga Rp 3.000,00 hingga Rp 5.000,00.

Wisata Blitar Pantai Tambakrejo

Salah satu tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tambakrejo yang beralamat di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Para wisatawan yang berkunjung ke wisata Blitar ini dapat menikmati pasir putih, air laut yang bersih, membawa pulang ikan dari pelelangan ikan di sekitar pantai, dan menyaksikan acara Larung Sesaji setiap tahun baru Islam.

Untuk dapat menikmati semua itu, para wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,00.

Wisata Blitar Arung Jeram Soko Adventure

Mengunjungi tempat Wisata Blitar Arung Jeram Soko Adventure menjadi pilihan yang sangat tepat bagi wisatawan berjiwa petualang dan penyuka tantangan. Di sini, para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menantang, seperti kayaking, rafting, dan tubing, di Sungai Lekso dan Sungai Tiko. Semua aktivitas ini aman untuk dilakukan karena didampingi oleh tenaga profesional dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Tempat wisata ini berada di Desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ada dua perjalanan yang dapat dipilih oleh para wisatawan, yaitu pertama, Kawi Trip dan Kelud Trip (Rp 145.000,00 per orang) dengan fasilitas equipment, meal guide, drink on boat, local transportation, rest area, dan welcome drink;

Kedua, Lava Trip dan Kawah Trip (Rp 95.000,00 per orang) dengan fasilitas equipment, meal guide, local transportation, dan welcome drink. Selain itu, para wisatawan dapat menemukan kafe, area outbound, dan area kemping di sini.

Saat musim liburan, banyak tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Tidak ada salahnya untuk memasukkan Blitar sebagai salah satu daftar destinasi wisata pada musim liburan selanjutnya.