Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro Yang Ramai Dikunjungi

Malioboro menjadi salah satu ikon Kota Yogyakarta. Letaknya yang strategis di pusat kota menjadikannya ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di sana, banyak tempat yang dijadikan destinasi wisata, terutama saat musim liburan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang sayang jika dilewatkan.

Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata dekat Malioboro yang wajib dikunjungi adalah Keraton Yogyakarta di Jalan Rotowijayan No. 1, Panembahan, Yogyakarta. Keraton Yogyakarta  atau bahasa aslinya Karaton Kasultanan Ngayogyakarta adalah tempat tinggal para sultan yang bertakhta di Kesultanan Yogyakarta.

Banyak nilai sejarah yang dapat dipelajari di keraton ini, seperti sejarah berdirinya keraton serta filosofi-filosofi ruang dan benda-benda pusaka keraton.

Di Keraton Yogyakarta, ada beberapa pertunjukan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan setiap harinya. Ada pertunjukan musik gamelan (Senin-Selasa), ada pertunjukan Wayang Golek Menak (Rabu), ada pertunjukan tari (Kamis), ada pertunjukan Macapat (Jumat), ada pertunjukan wayang kulit (Sabtu), dan ada pertunjukan wayang orang serta pertunjukan tari (Minggu).

Untuk dapat masuk ke dalam kompleks keraton, para wisatawan harus membayar tiket sebesar Rp 7.500,00 (lokal), Rp 15.000,00 (asing), Rp 1.000,00 (tiket kamera), dan Rp 25.000,00 hingga Rp 50.000,00 (guide tipping).

Museum Sonobudoyo

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang menjadi destinasi wisata adalah Museum Sonobudoyo di Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Wisata dekat Malioboro ini bertugas untuk mengelola, mengembangkan koleksi purbakala, mendokumentasikan, dan mempublikasikan benda-benda antik koleksi museum. Museum Sonobudoyo menjadi salah satu wisata edukasi yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Setiap Selasa-Minggu, museum ini mengadakan pameran seputar benda-benda koleksinya. Setiap Senin-Sabtu, para wisatawan dapat menyaksikan pagelaran wayang.

Untuk tiket masuknya, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,00 (dewasa perorangan), Rp 2.500,00 (dewasa rombongan), Rp 2.500,00 (anak-anak perorangan), Rp 2.000,00 (anak-anak rombongan), Rp 5.000,00 (wisatawan asing), dan Rp 20.000,00 (pagelaran wayang).

Museum Vredeburg

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Benteng Vredeburg yang menjadi ikon Museum Khusus Perjuangan Nasional Rakyat Yogyakarta dan menjadi salah satu wisata edukasi.

Benteng yang terletak di Jalan Jend. A. Yani No. 6, Yogyakarta ini, mulanya bernama Benteng Rustenburg yang berarti Benteng Peristirahatan. Benteng ini dibangun  di atas tanah milik pemerintahan Keraton Yogyakarta oleh Belanda pada 1765 atas persetujuan Sri Sultan Hamengkubuono I.

Sejak awal didirikan hingga sekarang, Benteng Vredeburg sudah mengalami beberapa fungsi, yaitu sebagai benteng pertahanan (1760-1830), sebagai markas militer Belanda dan Jepang (1830-1945), dan sebagai markas militer Republik Indonesia (1945-1977).

Benteng ini berbentuk persegi dengan menara pos penjaga di setiap sudutnya dan ada patung yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda di halaman benteng. Di dalam benteng, ada beberapa bangunan administrasi berdinding tebal dan berwarna putih khas bangunan Belanda.

Jika berkunjung ke tempat wisata dekat Malioboro ini, para wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, seperti ruang pertunjukan, perpustakaan, ruang diskusi, ruang seminar, ruang belajar kelompok, hotspot gratis, musala, dan kamar mandi. Museum Vredeburg buka setiap Selasa-Minggu dengan tiket masuk seharga Rp 1.000,00 (anak-anak) dan Rp 2.000,00 (dewasa).

Museum Kereta Kencana Keraton Yogyakarta

Tempat wisata dekat Malioboro yang juga wajib dikunjungi adalah Museum Kereta Kencana Keraton Yogyakarta di Jalan Rotowijayan 2, Yogyakarta atau di sebelah barat Keraton Yogyakarta.

Disini, para wisatawan dapat melihat koleksi kereta kuda milik Kesultanan Yogyakarta yang digunakan sejak dahulu hingga sekarang. Untuk melihat koleksi ini, para wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00.

Memang banyak tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang harus dikunjungi saat musim liburan. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, ilmu pengetahuan para wisatawan akan bertambah.