Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Murah Dan Enak

Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak tempat kuliner yang enak dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat-tempat tersebut menyajikan menu yang menjadi andalannya. Seperti yang terjadi di tempat-tempat wisata kuliner di Jogja. Di Kota Gudeg ini, banyak kuliner enak yang wajib dicicipi.

Oseng Mercon Bu Narti

Bagi penggemar pedas, mencicipi kuliner di tempat wisata kuliner Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta ini, menjadi pilihan yang tepat karena para wisatawan akan disuguhkan sepiring nasi putih dengan oseng-oseng kikil, kulit, gajih, dan tulang muda yang sangat pedas.

Selain oseng-oseng tersebut, di sini juga ada ayam goreng, lele goreng, dan burung puyuh goreng. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu Rp 15.000,00 untuk satu porsi makanan dan Rp 2.000,00 hingga Rp 3.000,00 untuk minumannya.

Jejamuran Resto

Tempat wisata kuliner lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Jejamuran Resto di Jalan Magelang Km 11, RT 01/RW 20, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kecamatan Sleman, Yogyakarta.

Ada banyak aneka olahan jamur yang sangat lezat, mulai dari jamur goreng tepung, jamur asam manis, jamur asam pedas, gulai jamur, tongseng jamur, hingga sate jamur. Semua makanan di Jejamuran Resto dibandrol mulai dari Rp 4.500,00 hingga Rp 22.800,00 per porsinya.

Gudeg Yu Djum

Sesuai dengan julukannya, di Yogyakarta, banyak tempat wisata kuliner yang menjual gudeg, salah satunya adalah Gudeg Yu Djum di Jalan Adisucipto dan di Jalan Kaliurang Km 4,5, dekat Fakultas Kehutanan UGM.

Di sini, tersedia dua macam gudeg, yaitu gudeg kering dan gudeg basah dengan berbagai lauk-pauknya, seperti sambal, krecek, tahu, tempe, telur, dan ayam suir. Satu porsi gudeg dibandrol dengan harga Rp 3.500,00 hingga Rp 10.000,00 bergantung pada banyaknya lauk-pauk yang dipilih.

Soto Babat Jogja Pak Marto

Tempat wisata kuliner di Jogja yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Soto Babat Jogja Pak Marto di Jalan Letjen S. Parman, Taman Sari, Yogyakarta.

Tempat wisata kuliner yang buka pukul 8.00 ini memang selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati semangkok soto berkuah gurih yang berisi potongan daging dan dicampur dengan segarnya perasan jeruk nipis. Satu porsi soto babat dibandrol mulai dari Rp 8.000,00.          

Angkringan Kopi Joss Lek Man dan Lek No

Meskipun berada di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, tempat wisata kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Disebut dengan kopi joss karena dalam kopi panas yang disajikan diberi arang yang membara sehingga menimbulkan bunyi “joss”.

Selain kopi joss yang dibandrol dengan harga Rp 3.000,00 hingga Rp 4.000,00 per gelas, di sini juga menyediakan aneka minuman (Rp 1.500,00 hingga Rp 3.500,00 per gelas), aneka gorengan (Rp 500,00 hingga Rp 1.000,00 per gorengan), aneka sate (Rp 1.000,00 hingga Rp 5.000,00 per tusuk) dan nasi kucing (Rp 2.000,00 per bungkus).

Sate Klathak Pak Bari

Tempat wisata kuliner yang terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta ini sedang ramai dibicarakan karena menjadi salah satu lokasi shooting film AADC 2.

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar menggunakan jeruji besi dan hanya ada di Yogyakarta. Selain sate klathak yang dibandrol dengan harga Rp 20.000,00 per porsi, ada juga sate goreng, tongseng kuah, tongseng kering, nasi godog, dan nasi goreg yang semuanya dibandrol dengan harga Rp 20.000,00 per porsi, jeruk/teh panas (Rp 2.000,00 per gelas), serta the poci (Rp 10.000,00).

Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dengan harga yang murah. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta tidak perlu khawatir dengan harga kuliner yang ditawarkan. Selamat berwisata kuliner, ya!