Tempat Wisata Lintang Sewu, Tempat Wisata Kekinian Di Bantul, Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata saat akhir pekan atau saat musim liburan karena memiliki banyak tempat wisata. Yogyakarta terus berinovasi dalam membangun tempat-tempat wisata yang unik dan kekinian guna meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Gudeg tersebut. Salah satu tempat wisata kekinian yang sedang ramai dibicarakan adalah tempat wisata Lintang Sewu.

Lokasi Wisata Yogyakarta Lintang Sewu

Meskipun terhitung baru dan masih dalam tahap pembangunan, wisata Yogyakarta yang sedang ramai dibicarakan ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lintang Sewu adalah sebuah bukit yang berada Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten bantul, Yogyakarta. Sekitar 21 kilo meter dari pusat kota Yogya jika melalui Jalan Pathuk-Dlingo.

Awalnya, Lintang Sewu dikenal dengan nama Bukit Watu Asah-Asah. Seiiring berjalannya waktu, namanya berubah menjadi Lintang Sewu karena pada malam hari, wisatawan dapat melihat lampu-lampu kota. Selain itu jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat beribu-ribu bintang di atas langitnya.

Rute Wisata Yogyakarta Lintang Sewu

Untuk sampai ke wisata Yogyakarta yang satu ini, para wisatawan dapat menempuh rute: dari pusat kota Yogyakarta, menuju makam raja-raja Imogiri lewat Jalan Imogiri Timur hingga bertemu dengan pertigaan Pasar Imogiri, lalu belok ke kiri.

Ikuti petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan hingga pertigaan. Dari sana, tetap jalan lurus menuju hutan pinus karena letak Lintang sewu hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari hutan pinus tersebut.

Peta Lokasi Tempat Wisata Lintang Sewu

Fasilitas Tempat Wisata Lintang Sewu Yogyakarta

Tempat-tempat wisata di daerah Bantul lebih didominasi oleh perbukitan. Maka tidak heran, para wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata daerah Bantul akan disuguhkan pemandangan alam Yogyakarta yang indah dari ketinggian. Sama halnya dengan Lintang Sewu.

Selain pemandangan alam yang indah, jika berkunjung ke tempat wisata Lintang Sewu, para wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. Layaknya tempat wisata kekinian, Lintang Sewu memiliki beberapa spot unik dan menarik untuk berfoto.

Ada spot berbentuk kaki raksasa berwarna merah dan hitam, ada spot berbentuk miniature bintang yang dapat bersinar pada malam hari, ada spot pintu ke mana saja-nya Doraemon, dan ada spot dengan dua tugu yang menjadi spot favorit para wisatawan.

Video Preview Tempat Wisata Lintang Sewu

Fasilitas lain yang ada di salah satu wisata Yogyakarta ini adalah rumah pohon, gazebo untuk istirahat, area kemping, area parkir, warung-warung makan yang hanya buka saat liburan, musala, dan kamar mandi. Sangat disarankan bagi wisatawan yang datang ke Lintang Sewu selain hari libur untuk membawa makanan dan minuman sendiri.

Tiket Masuk Wisata Yogyakarta Lintang Sewu

Untuk dapat menikmati keindahan kota Yogyakarta dan untuk dapat melihat bintang bertaburan pada malam hari di salah satu wisata Yogyakarta ini, para wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000,00 per orang.

Untuk wisatawan yang membawa motor, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00 dan untuk mobil, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,00. Sementara untuk rombongan wisatawan yang menggunakan bus, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000,00.

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Yogyakarta Lintang Sewu

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan saat berkunjung ke salah satu wisata Yogyakarta ini, antara lain datanglah sore hari agar dapat melihat sunset, gunakan sepatu atau sandal sepatu yang nyaman karena masih ada jalan setapak berupa tanah liat, selalu damping anak kecil yang dibawa oleh wisatawan karena masih banyak jurang yang belum diberi pembatas, tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu taati peraturan yang ada.

Berlibur di tempat wisata Lintang Sewu memang memberikan kepuasan tersendiri. Selain dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian dan indahnya taburan bintang, para wisatawan juga dapat berfoto di spot-spot yang unik dan menarik.