Wisata Kuliner Solo Siang Hari Yang Wajib Dikunjungi

Solo merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata di Indonesia. Meski kota ini tidak terlalu besar, namun setidaknya banyak sekali hal-hal yang wajib dikunjungi.

Solo atau Surakarta terkenal dengan wisata kuliner Solo siang hari yang tentu membuat pecinta kuliner harus mencobanya. Tentu bukan kuliner di siang hari saja, malam hari pun anda dapat mencoba kuliner yang enak-enak.

Seperti berikut ini adalah wisata kuliner Solo siang hari yang wajib dicoba.

Daftar Wisata Kuliner Solo Siang Hari

1. Serabi Notosuman

Panganan khas Solo ini memang sudah sangat terkenal. Banyak yang ke Solo dan membelinya sebagai oleh-oleh. Serabi Notosuman merupakan nama serabi paling terkenal di Solo.

Ada dua versi yakni serabi putih atau polosan dan juga serabi cokelat. Rasanya tentu sangat gurih dan bikin nagih.

Sejak mula didirikannya, kuliner ini telah sampai ke generasi keempat. Dirintis oleh Tan Giok Lan dan Hoo Geng Hok, cita rasa dari srabi ini tak berubah. Nah, salah satu resep rahasia dari srabi ini adalah penggunaan beras Cendani yang ditumbuk sendiri untuk menjaga kebersihan, tekstur dan rasanya.

2. Soto Gading

Wisata kuliner Solo siang hari yang selanjutnya wajib dicoba adalah soto gading. Bertempat di daerah Gading atau sekitar daerah Kraton, soto ini memang paling legendaris.

Nama Gading ini sendiri bukan dimaksudkan gading gajah, namun dari nama kawasan selatan Keraton. Suwiran soon dan dagingnya memang sangat meresap serta memberikan rasa yang nikmat.

Warung soto khas Solo ini didirikan semenjak tahun 1974 oleh Siswo Martono. Memang warung ini bukanlah warung yang mewah, meski begitu warung ini memiliki langganan ekslusif mulai pejabat negara bahkan presiden.

3. Tengkleng Klewer Ibu Edi

Olahan dari tulang dan jeroan daging kambing ini memang sangat terkenal sebagai wisata kuliner Solo siang hari. Kuliner yang satu ini sangat nikmat disantap dengan nasi panas.

Warung ini buka jam 2 siang, namun dalam hitungan jam sudah habis. Tentu saja ini terbukti sangat legendaris.

4. Selat Segar Mbak Lies

Makanan khas Solo yang lainnya adalah selat segar Mbak Lies. Selat ini adalah daging sapi giling yang disemur dan disajikan bersama kuah segar. Dengan tambahan rebusan wortel, selada air, telur bacem, dan masih banyak lagi.

5. Sate Buntel Mbok Galak

Wisata kuliner solo siang hari ini merupakan sate dari cincangan daging kambing yang diolah dengan bungkusan lemak dan dibakar seperti biasa. Di warung yang terletak di Jalan Mangun Sarkoro 112 Banjarsari ini banyak sekali menu aneka kambing yang ditawarkan untuk pelanggan.

Nah, kalau masalah namanya, nama “Mbok Galak” ini bukan dimaksudkan bahwa si Mbok sang pemilik warung ini adalah seorang yang galak. Nama ini muncul karena letak dari warung sate yang dekat dengan jalan besar.

Jadi, ketika berkoordinasi dengan pelayan, si Mbok harus berbicara kencang. Kencangnya ini bukan kencang marah-marah tapi karena kondisi jalan besar yang otomatis membuat suara menjadi kurang terdengar jelas.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es dawet adalah minuman yang cukup banyak ditemukan di Solo. Wisata kuliner Solo siang hari yang selain makanan berat, anda juga bisa meminum es dawet telasih yang rasanya beda dari tempat lain.

Anda juga bisa mengunjunginya di Pasar Gedhe Solo. Selain dawet, kalau anda masuk ke Pasar Gedhe, anda akan menemukan banyak sekali makanan lain seperti aneka gorengan, jajanan pasar, dan aneka gethuk.

7. Galabo

Galabo atau Gladak Langen Boga merupakan daerah Wisata kuliner Solo siang hari yang bisa anda temui. Lokasinya di depan PGS dan Beteng. Aneka makanan pun bisa anda nikmati seperti nasi liwet, gudeg, soto, mie ayam, bakso, dan aneka makanan lain.

8. Mie Gajah Mas

Wisata kuliner Solo siang hari yang dapat anda temui selanjutnya adalah mie gajah mas. Mie ini lokasinya berada di barat Pasar Gede Solo.

Hampir mirip dengan mie ayam, namun yang unik adalah mie yang berwarna-warni. Tentu saja mie tersebut diberi pewarna dari pewarna yang sangat alami. Penjualnya pun juga mengklaim bahwa mie tersebut tidak mengandung minyak babi dan juga halal dikonsumsi.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk berwisata kuliner di Solo? Selain harga yang relatif murah, di Solo pun sangat damai dan anda akan menemukan keramahan. Selain wisata kuliner, di Solo juga ada wisata alamnya. Untuk infonya, silahkan lihat artikel Wisata Alam Di Solo Yang Populer.